Saturday, December 20, 2014

Throttle Body Mio J 2012

Cerita bersambung nich.....

Mio J tahun 2012 hari ini 20/12/2014 masuk waktu servis di 17906km bongkar total tuch throttle body unit,,ada injector, ada ISC ( Idle Speed Control ) buat dibersihin di BERES Yamaha...Total kena Rp 105.000. Untuk menyelesaikan masalah mesin yang suka mati sendiri ( mendadak ) kalo lagi jalan 60km/jam terus di rem sampai berenti...walaupun jarang kejadiannya..



Throttle bodynya bersih....injectornya jg bersih....karena dari baru udah mnum Pert***x / Sh*** Super...tapi ISC lumayan kotor...Fungsi ISC itu mengatur stasioner mesin (putaran mesin Mio J ada di 1500 - 1600 Rpm)

Ngobrol2 sama mekanik tentang mesin suka mati dan kalo dihidupkan pke kick stater "ngelos"...Kalau kata mekaniknya Mio J ngelos kala di kick stater masalahnya lemah di "Klepnya"...bahannya kurang bagus?? karena mio J, Soul GT, Fino FI, yang mesinnya sama persis...katanya lemah di Klep...makanya kalo mesinnya mati suka ngelos...tunggu 4menitan baru bisa di kick!!

Apa karena klepnya floating (istilahnya klep berubah bentuk krn overheat??) padahal ane paling kenceng 60km/jam gak pernah lebih!

Kalo ISC, throttle body + injectornya udah bersih trus mesin masih mati trus ngelos di selah kick stater patut dicurigai klepnya....Kata mekaniknya lagi harus di servis besar..buat ngeliat salah di klepnya yg udah "Lemah"?? salah di pistonnya kah?? atau ring pistonnya kah???



Nah pake klep apa yang bahannya bagus dan bisa awet?????dalam artian ukuran klep sama persis, ukuran standar tanpa ganti klep yang lebih besar ukurannya....still searching money dulu before servis besar hehehe.....

Klep apakah itu namanya???dan berapa harganya??

Fyi oli belum ganti dari tgl 6 Nov di km dr pengen liat gmn oli fastron techno bekerja....dan sempet minta disetting CO jadi +5 (standar CO 0) sama mekanik BERES pakai Diagnostic Tool, hasilnya blm ganti oli akselerasi jadi ringan...cukup colek gas dikit udah lari....tanpa ganti knalpot, tanpa pasang ECU Stand alone.....alias masih STANDART Pabrik... +1 nambah debit bensin 0,005cc ke injector... katanya jadi boros dikit konsumsi bensinnya...(namanya lagi eksperimen aja) sebelum eksperimen itu dilarang lewat Jalan Sudirman-Thamrin.....hehehe

0 komentar:

Post a Comment